Nama : Irfan Efendi
E-mail : lormasjid@gmail.com
1. Jelaskan denga contoh Pancasila sebagai
kepribadian Bangsa Indonesia
2 Jelaskan Tujuannya Pancasila diajarkan
di jenjang Perguruan Tinggi ?
3. Sudahkah nilai-nilai Pancasila
diterapkan dalam kehidupan Sehari-Hari ?
a. Kalau sudah Bagaimana !
b. Kalau belum bagaimana !
4 Jelaskan hubungan Politik etis dengan
munculnya pergerakan nasional ?
5 5. Bagaimana pendapat anda mengenai UUD 45
yang di amandemen ?
a. Kalau YA bagaimana !
b. Kalau TIDAK bagaimana !1. Dengan contoh pancasila sila ke dua yaitu kemanusian yang adil dan beradab:
Ø Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai
bagian dari seluruh umat manusia,karena itu dikembangkan sikap hormat
menghormati dan bekerjasama dengan
bangsa lain.
Ø Menempatkan manusia sesuai dengan harkatnya sebagai makhluk Tuhan
, oleh karena itu pandangan bangsa Indonesia terhadap manusia tidak menghendaki
adanya penindasan manusia oleh manusia yang lain ,baik secara lahiriah maupun batiniah,baik oleh
bangsa sendiri maupun oleh bangsa lain.
2.
Tujuan
Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi agar mahasiswa :
a. Dapat memahami dan mampu melaksanakan jiwa
Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupannya
sebagai warga negara Indonesia.
b. Menguasai Pengetahuan tentang beragam
masalah kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang hendak diatasi
dengan penerapan pemikiran yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945
c. Memupuk sikap dan perilaku yang sesuai
dengan nilai-nilai dan norma Pancasila, sehingga mampu menanggapi perubahan
yang terjadi dalam rangka keterpaduan ipteks dan pembangunan
d. Membantu mahasiswa dalam waktu proses
mengajar, proses berfikir, memecahkan masalah dan mengambil keputusan dengan menerapkan
strategi heuristik terhadap nilai-nilai Pancasila.
3.
Sudah
: Sebagian besar rakyat Indonesia telah menjunjung tinggi harkat dan martabat
manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha
Esa,tidak semenang-menang terhadap orang lain,menjunjung tinggi nilai-nilai
manusia ,gemar melakukan kegiatan kemanusiaan,berani membela kebenaran dan keadilan,hormat
menghormati serta rela berkorban demi bangsa dan negara.
Belum
: Sering kali kita menjumpai orang yang
bersikap semenang-menang terhadap orang lain,memaksakan kehendak orang
lain,tidak menghormati orang lain karena merasa dirinya lebih baik dan masih
sering kali banyak orang yang tidak mau
menolong orang sedang membutuhkan pertolongan dan sebagian dari mereka tidak
menaati norma-norma yang ada.
4.
Pada
masa Penjajahan Belanda,banyak cara yang dilakukan oleh belanda untuk menguasai
Indonesia hingga tebentuknya politik Etis yang berisi 3 bidang yaitu :
Emigrasi,Irigrasi,dan Edukasi. Kemunculan Pergerakan Etis dari Belanda disambut
gembira oleh masyarkat Indonesia karena Politik Etis sepenuhnya diperuntukkan
untuk Masyarakat Indonesia,Tapi dalam kenyataannya ini hanya siasat untuk
mengelabuhi rakyat Indonesia.
Dengan adanya Edukasi melalui Politik
Etis para pelajar sadar akan politik yang dilancarkan belanda mereka
memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.sehingga para pemuda cendekiawan
berkumpul sehingga tumbuhlah kesadaran nasional dan pada puncaknya para
cendekiawan mencetuskan sumpah pemuada dan inilah awal dari munculnya pergerakan
nasional yang mana tujuannya melawan para penjajah bukan dengan senjata tapi
menggunakan politik.
5.
Setuju
: Dengan Sistematika UUD 1945 yang
berlaku pada masa reformasi mengalami perubahan-perubahan pada pasal-pasalnya
dan tambahan penjelasan-penjelasan yang detail didalamnya,maka akan mempermudah
kita dalam memahami dan menerapkan isi dari UUD 1945.
Arema Indonesia Narages
Arema Indonesia Narages
0 komentar:
Posting Komentar