. Tugas Mata Kuliah Pancasila ~ Leader Tomorrow

Rabu, 15 Mei 2013

Tugas Mata Kuliah Pancasila

Nama     : Irfan Efendi
E-mail    : lormasjid@gmail.com


     1.      Jelaskan denga contoh Pancasila sebagai kepribadian Bangsa Indonesia
      2   Jelaskan Tujuannya Pancasila diajarkan di jenjang Perguruan Tinggi ?
     3.   Sudahkah nilai-nilai Pancasila diterapkan dalam kehidupan Sehari-Hari ?

a.       Kalau sudah Bagaimana !
b.      Kalau belum bagaimana !
4  Jelaskan hubungan Politik etis dengan munculnya pergerakan nasional ?
5       5.  Bagaimana pendapat anda mengenai UUD 45 yang di amandemen ?
a.       Kalau YA bagaimana !
            b. Kalau TIDAK bagaimana !


    
1.             Dengan contoh pancasila sila ke dua yaitu kemanusian yang adil dan beradab:                                                                         
Ø  Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia,karena itu dikembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama  dengan bangsa lain.
Ø  Menempatkan manusia  sesuai dengan harkatnya sebagai makhluk Tuhan , oleh karena itu pandangan bangsa Indonesia terhadap manusia tidak menghendaki adanya  penindasan  manusia oleh manusia yang lain ,baik  secara lahiriah maupun batiniah,baik oleh bangsa sendiri maupun oleh bangsa lain.

2.            Tujuan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi agar mahasiswa :
a.    Dapat memahami dan mampu melaksanakan  jiwa Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupannya sebagai warga negara Indonesia.
b.    Menguasai Pengetahuan tentang beragam masalah kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang hendak diatasi dengan penerapan pemikiran yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945
c.    Memupuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma Pancasila, sehingga mampu menanggapi perubahan yang terjadi dalam rangka keterpaduan ipteks dan pembangunan
d.   Membantu mahasiswa dalam waktu proses mengajar, proses berfikir, memecahkan masalah dan mengambil keputusan dengan menerapkan strategi heuristik terhadap nilai-nilai Pancasila.

3.            Sudah : Sebagian besar  rakyat Indonesia  telah menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia   sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa,tidak semenang-menang terhadap orang lain,menjunjung tinggi nilai-nilai manusia ,gemar melakukan kegiatan kemanusiaan,berani membela kebenaran dan keadilan,hormat menghormati serta rela berkorban demi bangsa dan negara.
Belum : Sering kali kita menjumpai orang yang  bersikap semenang-menang terhadap orang lain,memaksakan kehendak orang lain,tidak menghormati orang lain karena merasa dirinya lebih baik dan masih sering  kali banyak orang yang tidak mau menolong orang sedang membutuhkan pertolongan dan sebagian dari mereka tidak menaati norma-norma yang ada. 
                             
4.            Pada masa Penjajahan Belanda,banyak cara yang dilakukan oleh belanda untuk menguasai Indonesia hingga tebentuknya politik Etis yang berisi 3 bidang yaitu : Emigrasi,Irigrasi,dan Edukasi. Kemunculan Pergerakan Etis dari Belanda disambut gembira oleh masyarkat Indonesia karena Politik Etis sepenuhnya diperuntukkan untuk Masyarakat Indonesia,Tapi dalam kenyataannya ini hanya siasat untuk mengelabuhi rakyat Indonesia.
Dengan adanya Edukasi melalui Politik Etis para pelajar sadar akan politik yang dilancarkan belanda mereka memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.sehingga para pemuda cendekiawan berkumpul sehingga tumbuhlah kesadaran nasional dan pada puncaknya para cendekiawan mencetuskan sumpah pemuada dan inilah awal dari munculnya pergerakan nasional yang mana tujuannya melawan para penjajah bukan dengan senjata tapi menggunakan politik.
   
5.             Setuju : Dengan Sistematika UUD 1945 yang berlaku pada masa reformasi mengalami perubahan-perubahan pada pasal-pasalnya dan tambahan penjelasan-penjelasan yang detail didalamnya,maka akan mempermudah kita dalam memahami dan menerapkan isi dari UUD 1945.



Arema Indonesia Narages


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo